Rabu, 22 Juni 2011

Kelas Dan Pelayanan Kereta Api Di Indonesia

Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api (Persero) di Jawa dan Sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (15%), bisnis (27%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas eksekutif (17%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%).

Kelas Argo

Rangkaian kereta api jenis ini mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995 untuk memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya Perumka hanya mengoperasikan dua kereta api, yaitu Argo Bromo yang melayani rute Gambir–Surabaya Pasar Turi dan Argo Gede yang melayani rute Gambir–Bandung. Saat ini, rangkaian kereta api Argo Bromo dikembangkan menjadi Argo Bromo Anggrek.
Kereta api kelas Argo lainnya adalah:
  • Argo Muria yang melayani rute Gambir–Semarang Tawang.
  • Argo Lawu yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
  • Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta–Solo Balapan.
  • Argo Wilis yang melayani rute Bandung–Surabaya Gubeng.
  • Argo Jati yang melayani rute Gambir–Cirebon.
  • Argo Sindoro yang melayani rute Gambir-Semarang.
Kelas satu
Setingkat di bawah kelas Argo, PT Kereta Api (Persero) juga menyediakan rangkaian kereta api kelas satu yang biasanya menyediakan dua jenis layanan, yaitu eksekutif dan bisnis, seperti:
  • Sancaka yang melayani rute Surabaya Kota–Yogyakarta.
  • Malang Ekspres yang melayani rute Surabaya Kota–Malang.
  • Cantik Ekspres yang melayani rute Surabaya Kota–Jember.
  • Mutiara Timur yang melayani rute Surabaya Kota–Banyuwangi hingga Denpasar, Bali menggunakan bus milik PT Kereta Api (Persero).
  • Lodaya yang melayani rute Bandung-Solo Balapan.
  • Gajayana yang melayani rute Gambir-Malang.
  • Kamandanu yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
  • Gumarang yang melayani rute Jakarta Kota-Surabaya Pasar Turi.
  • Bima yang melayani rute Jakarta Kota-Yogyakarta-Surabaya Pasar Turi.
  • Taksaka yang melayani rute Jakarta Kota-Yogyakarta.
  • Sembrani yang melayani rute Jakarta Kota–Surabaya Pasar Turi.
  • Merak Jaya yang melayani rute Jakarta Kota–Merak.
  • Turangga yang melayani rute Bandung–Surabaya Gubeng.
  • Harina yang melayani rute Bandung-Semarang Tawang.
  • Rajawali yang melayani rute Semarang Tawang-Surabaya Pasar Turi.
  • Bangunkarta yang melayani rute Pasar Senen-Jombang.

Kelas ekonomi unggulan

Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi, PT Kereta Api (Persero) juga mengoperasikan sejumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:
  • Brantas yang melayani rute Tanah Abang–Kediri.
  • Matarmaja yang melayani rute Malang-Pasar Senen.
  • Kaligung yang melayani rute Tegal–Semarang Poncol.
  • Logawa yang melayani rute Purwokerto–Jember.
  • Sri Tanjung yang melayani rute Banyuwangi–Yogyakarta.
    • Tawang Jaya yang melayani rute Semarang Poncol-Pasar Senen
Kelas ekonomi
Tarif kereta api kelas ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi tidak dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini, PT Kereta Api (Persero) melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi. Beberapa kereta yang dioperasikan adalah:
  • KRD yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Cepu dan Surabaya Kota-Kertosono.
  • Penataran yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar lewat Malang.
  • Probowangi yang melayani rute Probolinggo-Banyuwangi.
  • Rapih Dhoho yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar lewat Kertosono.
Komuter
Komuter adalah kereta api yang beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan kota besar dengan kota-kota kecil di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan. Penumpang kereta ini kebanyakan adalah para penglaju bermobilitas tinggi yang pulang-pergi dalam sehari, misalnya ke tempat kerja atau sekolah. Tidak mengherankan apabila frekuensi perjalanan komuter termasuk tinggi dan jumlah penumpangnya juga paling banyak dibanding kereta jenis lainnya.
Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorel, kereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.
Komuter umumnya dilayani oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta api Pakuan jurusan Jakarta- Bogor. Jalur-jalur kereta komuter yang ada di Indonesia antara lain:
  • Kereta api Jabotabek, merupakan jalur komuter tertua di Indonesia yang melingkupi daerah Jakarta Raya, melayani para penglaju dari Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, termasuk jalur cabang ke Serpong dan Karawang.
  • Kereta api ekonomi jurusan Rangkasbitung-Merak dan Cikampek-Purwakarta.
  • Kereta Lokal Bandung Raya yang melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka hingga Cibatu, Garut.
  • Kereta Lokal Surabaya yang melayani rute Surabaya-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo, dan Surabaya-Mojokerto.

Kereta barang

Khusus di Pulau Jawa, pemasaran angkutan barang semula kurang diminati pasar karena dalam perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui tahapan modernisasi sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta barang dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta penumpang sehingga perjalanannya jauh lebih lancar.

Baja Satwa

Kereta barang Baja Satwa dikhususkan untuk mengangkut barang yang melayani rute Jakarta Kampung Bandan-Surabaya Pasar Turi. Barang yang diangkut kebanyakan berupa peti kemas yang jenis komoditas angkutannya tidak terbatas. Sayangnya, saat ini Stasiun Kampung Bandan sudah tidak aktif lagi.

Kereta barang cepat

Koridor layanannya sama dengan kereta api Antaboga, yaitu Jakarta-Surabaya Pasar Turi, tetapi sarana yang digunakan berupa gerbong tertutup. Komoditas yang dapat diangkut juga bermacam-macam, sesuai dengan keadaan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar